Keistimewaan Bulan Rajab

Rajab menjadi satu dari empat bulan yang diistimewakan oleh Allah SWT. Beragam amalan dan perbuatan baik mendapat pahala yang nilainya digandakan. Inilah momentum tepat untuk menghapus segala dosa, bertobat, dan kembali ke jalan Allah SWT.

Maknanya adalah kembali kepada Allah setelah melakukan pelang garan terhadap larangan Allah SWT. Dalam bertobat, ada beberapa hal yang perlu diingat dan dijalankan.

Pertama, seseorang yang ingin bertobat harus memiliki niat untuk kembali kepada Allah dan meminta ampun. Kedua, ia harus meninggalkan larangan Allah dan berusaha menjauhinya. Terakhir, dengan sepenuh hati berjanji untuk tidak mengulangi kembali perbuatan maksiat.

Meski Rajab memiliki keutamaan sebagai bulan pertobatan, tobat tidak harus dilakukan pada bulan ini. Selepas khilaf melakukan dosa, seseorang wajib langsung bertobat.

Bulan Rajab termasuk bulan haram yang memiliki keutamaan, terlebih dalam berbuat baik. Ia lalu mencontohkan hal yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Sebagai makhluk yang maksum, Rasulullah SAW tetap bertobat dan kembali kepada Allah.Tobat yang dilakukan Nabi bukan meminta ampun atas dosa atau pelanggaran yang dilakukan, tetapi untuk ibadah. Tobat adalah ibadah hati yang paling utama dan terletak di setiap hati umat Muslim.

“Tobat itu isinya amalan hati. Istighfar itu ibadah utama. Jika dilakukan di bulan Rajab, lebih bagus karena Rasulullah SAW menyuruh kita memperbanyak berbuat baik di bulan haram,” ujar dia.

Rasulullah dan para sahabat memperbanyak puasa dan ibadah di bulan ini. Tidak ada bulan yang paling banyak puasa sunahnya selain Rajab dan Syaban. Rasulullah menanti-nanti Ramadhan dengan memperbanyak doa, “Allahumma bariklana fi Rajab wa Sya’bana wa ballighna Ramadhana.” Doa ini berisi permintaan kepada Allah SWT untuk diberi keberkahan di bulan Rajab, Syaban, dan dihadapkan sampai Ramadhan.

Previous post Mie Ayam Bakso Pakde Sugeng
Next post Terimakasih karyawan karyawan RSUD Karawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Terkadang dalam hidup ini, kita mengalami fase ; [1].Di umur REMAJA, kamu miliki MASA dan TENAGA. tapi kamu tidak mempunyai HARTA. [2].ketika fase BEKERJA, kamu...
  • YBUI, Selalu bersyukur kepada Allah SWT, telah mengirim orang-orang yang baik hati untuk selalu ikut memperhatikan adik-adik yatim. Bukankah kewajiban kita memperhatikannya, mereka yang serba...
  • YBUI - Sholat dhuha adalah ibadah sunnah yang menjadi wasiat Rasulullah SAW pada umatnya. Dalam hadits dijelaskan, Allah SWT akan mencukupi kebutuhan hambaNya yang tidak...